Tip & Trik buat yang mau bikin warnet/game online

Sedikit sharing pengalaman buat yang mau usaha warnet (dari segi teknis secara umum smile )

1. Pilih ISP (Internet Service Provider) yang anda “anggap” sesuai dengan kebutuhan anda.ISP yang bagus menawarkan bandwidth 1:1 (..dan kualitas yang tinggi sebanding dengan harga yang tinggi alias mahal  smile ) Kalau anda termasuk orang yang cukup bisa legowo menerima sedikit gangguan rutin dan anda bukan orang yang gampang naik darah dan tidak pelit smile Saya sarankan pake speedy.Bukan karena kualitasnya yang terbaik,tapi tinjauan antara perbandingan bw yang dijual dan harganya yangcukup pantas untuk usaha.Oke? udah bisa menentukan pilihan.Jika anda pilih spidi (dan segala konsekuensinya),saya harap anda tidak post keluhan yang ga penting disini tentang spidi,karena selain memenuhi forum dengan topik yang ga jelas,disini semua adalah pengguna spidi yang sama-sama pernah merasakan suka dan duka, dan yang utama GA ADA ORANG TELKOM DISINI….

2. Setelah dapat pilihan ISP,anda tentukan topologi LAN dan klasifikasi target pengguna.Apakah mau dibuat full browsing aja,atau digabung dengan game online, atau dipisah misal 5 browsing aja, 5 game online aja.Kalau anda berencana untuk menggabungkan client warnet dengan client game online,saran saya pake 2 line.1 buat game ,1 buat browsing.Kenapa? biar anda ga repot dan warnetnya cepat buka,ga utak-atik di bandwidth aja,ga dibuka-buka client pada kabur itu… hmm
Nah,kalau mau sedikit repot anda bisa pelajari pengaturan bandwidth/bw manager… atau kalau anda punya kelebihan duit dan mau berbagi,ada baiknya cari teknisi jaringan yang handal smile

3. Untuk performance yang baik, ada baiknya anda pake server.Buat apa? Beberapa fitur penting dari server yang sering dipake di warnet adalah:
a. Proxy server : proxy server tugasnya menyimpan sebagian file-file dari situs yang pernah dikunjungi client atau web caching.Jika client 1 masuk ke situs facebook,maka beberapa file dari situs facebook akan disimpan di harddisk server (misalnya logo,tulisan,dll).Nah,jika ada client lain yang masuk ke facebook,maka logo,tulisan,dll tadi akan diambilkan dari server sedang data yang dinamis seperti foto,profile,dll baru diambil di internet,hal ini yang membuat browsing terasa cepat. Efek lain,jika anda penggemar zynga poker,maka jika ada satu aja client yang sudah pernah main zynga poker,maka waktu loading/masuk ke poker akan terasa cepat,wuuzzzz……. langsung on tuh poker,hehehe… smile Buktikan sendiri..!!!

b. Loadbalancer : load balancer tugasnya menggabungkan 2line ISP atau lebih.Dalam artian menggabungkan,mungkin yang lebih tepatnya adalah menyeimbangkan beban trafik.Singkatnya dengan fitur load balancer anda dapat menggunakan dua line spidi atau lebih secara optimal.Fitur tambahan dari load balancer adalah fail over.Artinya jika modem1 keok alias modar,maka trafik jaringan akan dialihkan ke modem2,so… biar lambat asal jalan,hehehe….

c. Bandwidth manager : bw manager tugasnya mengatur pembagian dan pembatasan bandwidth untuk client.Kenapa? seperti anda tahu bahwa inti buat warnet/game online adalah sistem bagi pakai alias SALOME (Satu Lobang Rame-Rame lol ),maka diperlukan peraturan yang tegas bahwa client dibatasi kecepatan aksesnya supaya tercapai kesejahteraan bersama,jadi jangan ada yang arogan,download pake IDM sedot semua bandwidth,yang lain tinggal merana karena akses luambaaaaat pooollll…!

4. Sistem Operasi untuk Client.Jangan hanya server dan modem yang anda utak-atik terus,perhatikan juga komputer client.Jika anda pake windows usahakan jangan menginstall terlalu banyak program,gunakan program-program yang sering digunakan untuk warnet/game online saja.Adobe photoshop dan Corel draw ,rasanya ga perlu nongol di client.Untuk lebih merampingkan windows,anda bisa coba berbagai tip dan trik optimasi windows yang ada.Untuk keamanan anda bisa install deepfreeze dan antiexe.Kenapa?Pernah dengar program yang namanya netcut?Program ini akan mematikan koneksi client-client anda yang lain (termasuk operator bisa disikatnya smile ),tujuannnya supaya user nakal tersebut mendapat keseluruhan bandwidth yang tersedia,jadi ga mau berbagi dengan yang lain.Dengan antiexe,user ga bisa sembarangan menginstall program di komputer client.Ini juga berguna untuk mencegah IDM portable.Virus tertentu (terutama trojan) akan memenuhi trafik jaringan anda karena dia sering upload/download yang ga penting-penting gitu…. Antivirus kalau perlu bisa diinstall,tapi jangan paranoid.Cukup satu aja udah tuh,install banyak antivirus justru membuat akses komputer client terasa lambat,bukannya bandwidth kurang,tapi komputer sibuk menjalankan routine antivirus sehingga fungsinya sebagai terminal internet jadi terganggu.

5.Pengkabelan dan peralatan jaringan.Sering anda remehkan masalah pengkabelan.Kabel adalah media yang utama.Saran saya jika anda pake kabel Beldenn,pilih yang USA,jangan yang Australia,atau yg lain-lain,aspal semua.Perbandingan harga 1 box USA = +-950rb, yang Ausie=_-400rb,jauh banget kan…!!! Harga menentukan kualitas (disini.. smile ).Switch,silahkan pake merk yang anda suka,tapi lebih baik pilih casingnya yang terbuat dari logam,jangan yang casing plastik,mudah panas bro…  Untuk modem,pake yang bagus (saya sih suka pake Linksys).Modem yang ga bagus mudah panas dan sering gangguan.Jangan sampai operator anda keseringan memberi pengumuman ke user : “Permisi mas/mbak mohon sabar,modemnya kami restart dulu ya… harap maklum” lol

6.Untuk urusan spidi.Kecepatan dan gangguan spidi kebanyakan disebabkan pengkabelan yang kurang baik.Triknya, gunakan social engineering ,hehehe… Telkom punya teknisi kabel telpon,biasanya dia bawa alat pengukur kualitas sinyal.Nah silahkan PDKT,minta dia carikan jaringan kabel telpon yang baik kualitasnya dan yang terpendek menuju saluran utama.Jika anda minta dengan sopan dan tidak pelit,anda akan mendapatkan line yang terbaik yang bisa mereka sediakan.Gangguan line? kecuali ada gempa yang menghancurkan seluruh infrastruktur telkom,insyaAllah line anda akan baik-baik saja… smile Trik ini juga berlaku jika anda mendapat gangguan speedy.Intinya teknisi adalah manusia yang punya kekurangan dan kelebihan,jika anda perlakukan mereka seperti pekerja yang bisa anda suruh-suruh ditambah anda marah-marah (mungkin karena anda merasa sudah bayar paket speedy),maka saya jamin kelangsungan warnet anda ga akan lama bro… dan anda akan cepat terindikasi gangguan jantung,tekanan darah tinggi,dan kemungkinan bisa stroke lol Jadikan mereka teman/sahabat dan anda akan merasakan bedanya.Saya pribadi sangat jarang menghubungi 147.Kenapa? informasi gangguan dan penanganan yang saya terima langsung dari teknisi yang bersangkutan,dan jelas skala prioritas lebih utama smile sssssstttt..rahasia,hehehe…

Nah,itu beberapa tip dan trik berdasarkan pengalaman dilapangan.Lebih kurangnya silahkan dikoreksi,dan mohon maaf jika ada kata-kata yang salah atau yang ga berkenan dihati.Seperti prinsip saya,apapun masalahnya pasti ada solusinya,yang penting bisa jalan….

source : http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?id=10006

Sebelumnya silahkan baca syarat dan ketentuan, ingat ,,saya tidak bertanggung jawab atas segala gangguan dan kerusakan karena pemakaian tip/trik yang saya tulis,istilahnya dipakai monggo ga dipakai juga ga papa,tapi kalau berani protes,ta jitak gundulmu!!! lol Kan udah dibilangin diatas!?

SYARAT dan KETENTUAN

1. Tip&trik ini berlaku untuk win XP,untuk SO lain,silahkan sesuaikan sendiri.
2. Dalam hal tweeking registry, dipakai program regedit, jadi silahkan pelajari dulu gimana cara pakainya,terutama dalam pembuatan Key,String,DWORD,dll Nanya-nanya cara penggunaan regedit di posting ini dilarang keras!!!

A. TIP…!

1. Instalasikan program-program yang penting dan berguna sesuai dengan fungsi client warnet/game online,pakailah yang sifatnya free software dan legal misalnya:

Openoffice,Adobe Reader,7ZIP,Firefox,Opera,Chrome,WinAmp,Yahoo Messenger,XNview,IRC,K-lite Megacodecs/Media Player Classic dll

2. Jangan lupa instalkan plugin Adobe Flash Player smile plug-ins Java, QuickTime dan Xvid
3. Antivirus 1 aja, dan jangan lupa matikan fitur auto updatenya.
4. Hapus program-program bawaan win yang tidak berguna

Code:

 Start - Control Panel - Add Remove Programs - Add/Remove Windows Components

Hapus aja semua,kecuali calculator dan MSpaint (jika diperlukan)
5. Instalasikan deepfreeze dan anti executable buat pengamanan terakhir  smile

B. TRIK…!

1. Start Menu
Pakai REGEDIT

Code:

 HKEY_CURRENT_USER - Control Panel - Desktop - MenuShowDelay

Set nilai = 50

2. Access Folder
Pakai REGEDIT

Code:

 HKEY_LOCAL_MACHINE - SYSTEM - CurrentControlSet - Control -  FileSystem

Buat DWORD NtfsDisableLastAccessUpdate isi nilai = 1

3. Tweek Memory
Khusus trik yang satu ini memory /RAM komputer client, optimalnya 2GB keatas.Belum sampai??? Yah,kata sesepuh kita dulu : “jer basuki,mowo beyo”, beli dunk!!!! Pelit amat  lol

Pakai REGEDIT

Code:

 HKEY_LOCAL_MACHINE - SYSTEM - CurrentControlSet - Control - SessionManager - Memory Management

a.DisablePagingExecutive isi nilai = 1
b.LargeSystemCache isi nilai = 1

4. Bandwidth
Pakai RUN

Code:

gpedit.msc - Computer configuration - Administrative Templates - Network - QOS Packet Scheduller - Limit Reservable Bandwidth

set enable ,isi nilai dengan 0%

5. StartUp
Pakai RUN

Code:

msconfig - Startup

Hilangkan semua centangnya,kecuali antivirus  smile

6. Matikan System Restore

System restore bisa bermanfaat jika komputer bermasalah, akan tetapi semua restore point yg disimpan bisa memakan ruangan yg cukup besar di harddisk. System restore akan membebani karena selalu memonitor sistem, dengan mendisable system restore maka sebagian resource bisa dialokasikan untuk hal yg lain.

a. Buka Control Panel

b. Klik Performance and Maintenance

c. Klik System

d. Klik System Restore tab

e. Klik ‘Turn off System Restore on All Drives’

f. Klik ‘Ok’

7. Mempercepat akses Folder – dengan mendisable Last Access Update.

Jika anda memiliki banyak folder dan subdirectories, maka akses ke Direktory-2 Windows XP terasa sangat berat dan seringkali hanya membuang waktu. Dengan mengupdate time stamp di registry, yaitu last access update untuk semua sub directory. Proceed with caution : Langkah no. 3 berikut BUKAN untuk Pemula

a. Start > Run > Regedit

b. “HKEY_LOCAL_MACHINESystemCurrentControlSetC ontr olFileSystem”

c. Klik kanan di bagian yg kan (cari area yg kosong), lalu pilih ‘DWORD Value’

d. Bikin DWORD Value dengan nama ‘NtfsDisableLastAccessUpdate’

e. Klik kanan pada value baru terus pilih ‘Modify’

f. Ubah data menjadi ‘1?

g. Klik ‘OK’

8. Me-non-aktifkan Microsoft System Sounds

Secara default MS sound systems membuat komputer berbunyi/bersuara ketika booting awal, shutdown, error dll. Skenario suara windows jelas2 membuat komputer lebih lambat (terutama dalam waktu shutdown dan booting awal), untuk me-non-aktifkan silahkan ikuti langkah berikut :

a. Buka Control Panel

b. Klik Sounds and Audio Devices

c. Klik tab Sounds

d. Pilih “No Sounds” dari Sound Scheme

e. Klik “No”

f. Klik “Apply”

g. Klik “OK”

9. Mempercepat waktu Boot

Fitur yg lumayan asik dari Windows XP adalah kemampuan untuk men-defrag ketika ada dalam proses booting. Boot Defrag pada prinsipnya adalah menata file2 yg relevan dengan booting secara berurutan. Secara default fitur ini telah diaktifkan pada beberapa Build Windows, tapi beberapa build windows tidak, ada baiknya kalo kita cross check terhadap fitur yg satu ini.

a. Start Menu > Run

b. Regedit

c. HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftDfrgBootOpt imizeFunction

d. Cari “Enable” dibagian kanan regedit

e. Klik “Modify”

f. Pilih “Y to enable”

g. Reboot

Tambahan:

Bootvis juga bisa dicoba, untuk memangkas waktu boot dengan manufer yg manis.

10. Mempercepat Performa Swapfile

Jika anda memiliki ram lebih besar dari 256MB bisa dibilang tweaking yg ini akan membuat sistem anda berjalan lebih cepat. Pada dasarnya PC kita mengunakan setiap byte dari memori fisik yg terpasang di komputer kita, SEBELUM mengunakan swap file.

a. Start > Run

b. “msconfig.exe” > ok

c. Klik tab System.ini

d. Klik tanda plus pada tab 386enh

e. Klik kotak new kemudian ketik “ConservativeSwapfileUsage=1?”

f. Klik OK

g. Restart

11. Mempercepat Loading Windows Menu

Tweak ini adalah favorit saya, karena komputer kita akan terasa lebih cepat. Tweaking ini membuang waktu delay ketika kita mengklik menu dan windows XP menampakkan Menu.

a. Start > Run

b. Regedit > OK

c. “HKEY_CURRENT_USERControl PanelDesktop”

d. Pilih/Sorot “MenuShowDelay”

e. Klik kanan dan pilih “Modify’

f. Ketik angka “1″ ( terserah anda ). Angka 50-150 adalah kisaran yg baik, bisa disesuaikan dengan Mood anda

12. Mempercepat Loading Program.

Tweaking ini bisa berjalan untuk sebagian besar program. Jika program tidak mau loading seperti yg diharapkan, silahkan aja dikembalikan ke setting semula.

a. Klik kanan pada icon/shortcut yg berkaitan dengan program.

b. properties

c. Pada kotak ‘target’, tambahkan ‘ /prefetch:1? diakhir kalimat.

d. Klik “Ok”

13. Mempercepat Shutdown Windows XP.

Tweaking ini mengurangi waktu tunggu secara otomatis ketika windows sudah menerima instruksi untuk shutdown.

a. Start > Run

b. ‘Regedit’ > OK

c. ‘HKEY_CURRENT_USERControl PanelDesktop’

d. Sorot ‘WaitToKillAppTimeout’

e. Klik kanan dan pilih modify

f. Ubah value menjadi ‘1000?

g. Klik ‘OK’

h. Sorot ‘HungAppTimeout’

i. Klik kanan dan pilih modify

j. Ubah value menjadi ‘1000?

k. Klik ‘OK’

l. ‘HKEY_USERS.DEFAULTControl PanelDesktop’ sorot WaitToKillAppTimeout’

m. Klik kanan dan pilih modify

n. Ubah value ke ‘1000?

o. Klik ‘OK’

p. ‘HKEY_LOCAL_MACHINESystemCurrentControlSetControlsorot ‘WaitToKillServiceTimeout’

q. Klik kanan dan pilih modify

r. Ubah value menjadi ‘1000?

s. Klik ‘OK’

14. Mendisablekan Windows Prefetch

a. start > run > regedit

b.[HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControlSessionManagerMemory ManagementPrefetchParametersEnablePrefetcher];

c. Dobel klik isi 0 untuk menDisable.

Hah.. selesai dah… smile Jangan lupa direstart. Silahkan buktikan keampuhannya.Semoga berguna…

Ingat ! Malu Bertanya,Sesat Dijalan… Kebanyakan Tanya, Kapan Mau Jalannya,Coi..?!!! lol

source : http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?id=10174&p=1

  1. #1 by IMUNK on January 6, 2011 - 4:50 pm

    SIP MAS

  2. #2 by hot on February 18, 2011 - 3:22 am

    game hot banget

  3. #3 by irlamsyah on April 2, 2011 - 2:11 pm

    sip….. gan.

  4. #4 by kutajaya on May 11, 2011 - 6:55 am

    mantappppppppp …. thank atas tip dan triknya.

  5. #6 by ayik1313 on May 23, 2011 - 2:06 am

    Wah makasih banget selama ini sy cari2 ttg trik memaksimalkan sistem windows akhirnya saya dapatkan pencerahan ini..sekali lagi bravo gan..thanks!!!

  6. #7 by Rifqi Tak Berarti on June 17, 2012 - 9:20 am

    ini buat mempercepat client bukan y mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: